Media otonomi
NEWS TICKER

Kurangi Pengangguran, Kemnaker Siapkan Strategi Ini untuk Industri

Sabtu, 17 Februari 2018 | 12:53 am
Reporter:
Posted by: mediaoto
Dibaca: 43

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan berbagai cara untuk mengurangi pengangguran. Salah satunya dengan mempersiapkan tenaga kerja profesional untuk kebutuhan industri.

“Kita terus dorong agar Balai Latihan Kerja (BLK) mampu menghasilkan lulusan pelatihan kerja yang kompeten dan sesuai kebutuhan industri sehingga mempercepat pengurangan pengangguran dan memperbanyak wirausaha mandiri,” kata Dirjen Pembinaan Pelatihan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Bambang Satrio Lelono, dalam keterangan tertulis dari Biro Humas Kemnaker, Jumat (16/2/2018).

Pernyataan Bambang dibacakan Kepala Sekretariat BNSP Darwanto dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) UPTD BLK binaan BBPLK Bekasi di Cirebon, Jawa Barat, akhir pekan ini.

Lalu apa cara Kemnaker menciptakan tenaga kerja tersebut? Salah satunya dengan mengadakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi menargetkan 18.624 peserta mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dan 12.880 peserta ditargetkan tersertifikasi pada 2018.

Bambang mengatakan, target tersebut bisa terwujud jika BBPLK Bekasi membangun sinergi yang baik dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) binaannya.

“Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diperlukan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. BBPLK Bekasi harus bersinergi dengan BLK binaannya agar target pelatihan PBK dan sertifikasi tenaga kerja bisa tercapai,” kata Bambang.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

mediaotonomi.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.